Monday, October 11, 2010

Tips dan Trik menjadi Disk Jockey (DJ)

Untuk membuat nama Anda sebagai seorang DJ bisa terdengar luas perlu usaha keras. Langkah-langkah berikut bisa membantu Anda dan memberikan kesempatan bagi Anda untuk tampil di hadapan crowd.

Sebagai seorang DJ, Anda bisa mendapatkan gigs melalui salah satu dari tiga orang berikut: promotor, DJ lain, dan Anda sendiri, dengan cara membuat party sendiri. Dari ketiga orang tersebut, yang paling wajib untuk Anda dekati untuk dapat memperoleh gigs adalah promotor. Hal itu sangat jelas. Yang tidak cukup jelas adalah, apa yang sebenarnya diinginkan oleh para promotor itu. Sangat disesalkan, keahlian mixing Anda mungkin adalah yang paling bawah dalam pikiran mereka.

Promotor sama dengan businessman. Mereka tidak terlalu mau tahu tentang proses kerja di “dapur” perusahaan. Yang mereka ingin tahu adalah apakan “hasil masakan dapur” tersebut bisa mendatangkan profit. Dalam konteks DJ dan clubbing adalah, apakah keahlian DJ Anda bisa membuat floor dipenuhi oleh para clubber.

Anda harus mencintai scene musik apabila Anda ingin masuk ke dalam scene musik. Anda harus mencintai orang-orang yang dance, jika Anda ingin floor Anda dipenuhi oleh dance yang dilancarakan oleh crowd. Jika hal itu sudah Anda lakukan, sekarang tinggal cari inspirasi dari DJ-Dj favorit yang selalu bisa mengundang banyak orang untuk masuk ke gigsnya.

Dalam tingkat spiritual yang lebih tinggi lagi, Anda harus berpikir bahwa ini semua bukan tentang Anda. Ini adalah tentang musik, tentang para clubber, dan tentang scene itu sendiri. Jika Anda hanya mencari perhatian. Vibe yang tercipta dalam scene tidak akan pernah sama. Semakin banyak yang Anda berikan pada scene musik, makin banyak yang scene musik akan berikan untuk Anda.

Berikut adalah sepuluh cara yang bisa Anda tempuh sebagai upaya untuk memberkan kontribusi pada scene indie, sehingga karir DJ Anda di scene tersebut bisa berkembang. Tips berikut bisa saja meningkatkan skill DJ Anda, serta melambungkan reputasi Anda. Namun semuanya kembali lagi kepada bagaimana Anda berusaha.

Satu langkah yang paling awal adalah bergabunglah dengan mailing list. Dari sini Anda bisa mendapatkan contact para promoter dan DJ-DJ ternama. Dari sini Anda bisa mengirim info-info mengenai party apa yang happenning (walaupun Anda tidak tampil di dalamnya). Makin sering Anda posting, makin aware orang-orang terhadap nama Anda.

Anda juga harus mempunyai sebuah website. Update lah content website tersebut secara berkala, dan masukkan gambar-gambar party yang hebat. Ini bisa menarik orang untuk datang ke website Anda dan sekali lagi bisa mengangkat nama Anda. Buatlah website yang menampilkan scene DJ secara hip & happening.

Kemudian buatlah daftar nama promoters dan DJ di scene lokal Anda. Bangunlah networking dengan bekerja bersama mereka untuk peran sekecil apa pun. Ini bisa menjadi awal langkah Anda masuk ke dunia DJ profesional. Tawarkan bantuan pada mereka, dan jangan mengharapkan bayaran besar. Ingat bahwa Anda masih dalam tahap membangun nama. Jangan pula terlalu berharap bahwa promoter akan bersikap ramah pada Anda.

Buatlah CD demo. Jangan pelit-pelit untuk membuat banyak CD. Buatlah CD sebaik kemampuan Anda, lakukan berulang kali, kemudian posisikan diri Anda sebagai crowd dan dengarkan CD tersebut dengan seksama. Ambil satu CD yang terbaik, kemudian sebarkan lah seluas-luasnya. Ingatlah bahwa Anda harus mengirimkan rekaman yang terbaik. Sangat mudah untuk membuat promoter mendengarkan CD pertama Anda. Namun kalau promoter tidak terkesan, CD kedua yang Anda kirim kepadanya hampir tidak mungkin akan didengar.

Langkah selanjutnya adalah tampil bersama DJ yang lebih baik dari Anda untuk belajar skill-skill baru. Tampil bersama DJ lain di hadapan crowd untuk pertama kali tentunya akan lebih mudah daripada langsung tampil sendiri. Selain itu, Anda pasti juga akan melalui proses tag-team practice. Skill baru bisa Anda tuangkan disini. Apa lagi jika DJ itu puas, Anda pasti akan direkomendasikan ke promoter.

Untuk bisa masuk ke dalam scene music, Anda harus tahu apa yang terjadi dalam scene music tersebut. Beli lah paling tidak dua lagu baru tiap bulan, atau lebih baik lagi belilah sebuah track tiap minggu. DJ yang memiliki banyak record akan lebih kreatif. Peliharalah koleksi Anda dan pastikan selalu di-update. Kenali mana yang baru, mana yang lama, mana yang terlalu sering dimainkan.

Jika waktunya tepat, adakan lah sebuah party. Party Anda sendiri. Cari venue seperti bar atau club. Yang penting adalah sebagai DJ baru, cobalah untuk menggaet DJ yang cukup punya nama untuk tampil juga dalam party Anda. Hal ini juga bisa membuka kesempatan agar DJ tersebut mengundang Anda untuk tampil di gigs-nya juga.

Beli sound system, atau bangun koneksi dengan sound guy. Sound guy adalah orang yang banyak dicari oleh promoter. Jika Anda adalah seorang sound guy yang merangkap DJ, promoter sering kali meng-hire sebagai paket. Sound guy yang merangkap sebagai DJ, biasanya tampil sebagai DJ pembuka.

Datang lah ke banyak party. Sat anda memutuskan untuk serius menjadi seorang DJ, jangan cuma men-DJ di kamar. Anda harus tahu bagaimana crowd bisa dikuasai. Caranya hanya dengan menjadi crowd itu sendiri. Kenali lah scene mana yang sedang happening. Kenali venue mana cocok untuk style apa. Dengarkanlah penampilan DJ, dan bayangkan apa jadinya bila Anda yang berada di posisi itu. Dengarkan pendapat orang-orang mengenai penampilan DJ, apa yang mereka suka dan tidak suka.

Yang terakhir adalah: “Be nice”. Scene music adalah lingkungan sosial. Banyak interaksi yang akan terjadi dengan orang-orang di dalamnya. Tidak ada promoter yang mau meng-hire DJ “jerk”. Crowd lebih nyaman bergoyang di floor DJ “cool” daripada DJ “jerk”.

Sumber : ggsuryapro.com
ilmudjing

Sunday, October 10, 2010

Tips dan Trik Masuk Ke Major Label

Tulisan ini merupakan bagian beberapa pesan yg di berikan sahabat saya di MAGELENG.. namanya CUPLIZ DE... beliau lah salah satu orang yang banyak mensupport band indie maupun band yang akan masuk ke major label.. sebagai contoh : band asal jogja yang bernama NIBIRU...

Terkadang banyaknya band yang hadir dan berusaha agar bisa exist di belantikan musik, beragam cara di lakukan,, apa aja sih syaratnya :
Perhatikan serta pelajari dengan seksama, karena salah langkah sedikit akan berakibat fatal pada image nama band kamu,

1. Kamu harus bisa buat janji sama org " dalam "
2. Jgn sembarangan percaya orang kalau enggak rela karya kamu dibajak
3. Saya pernah diceritain sama orang label klo banyak kejahatan dilabel.
4. Ati2 sm orang label
5. Tidak segampang itu mau masukin ke label. Banyak band bagus susah banget masuk ke major label karena enggak ada relasi langsung. Sementara di luaran banyak yang ngaku 'orang dalem' tapi status nya ga jelas. Buat saya cara paling aman yaitu banyakin perform, kalau kamu banyak fans nya pasti akan ada pihak label yang narik band kamu

6. Jangan kirim lewat pos karena kemungkinan di denger sedikit karena banyaknya demo yang masuk.

7. Ada juga cara lain yaitu masukin demo ke radio, kalo ternyata mereka suka dan on-air, kesempatan didenger orang label besar.

8. Dateng langsung bawa demo ma profile hard copy, karena mereka melihatnya pertama kali dari fisik

9. Kirim ke label kira-kira 3 lagu yang menurut kalian "this is the SH*T, it'll sell a million copies..!", taro di lagu pertama terus bikin packaging demo kalian sebagus mungkin misalnya pake design cover, etc. bikin seolah-olah label itu adalah label paling rugi sedunia kalau enggak ambil band kalian.

10. Demo itu adalah portfolio kalian, kalo orang mau ngelamar kerja pake CV sebagus mungkin kan, nah kalo dimusik CV = demo band. makin bagus CV bandnya makin ada kesempatan besar diliat label.

11. Kalian harus mempunyai criteria ini; 1. Materi demo bagus ( komersil ) - buat major label 2. Sudah pernah ter ekspose di media (chart radio, majalah) 3. Pengalaman nge - Gig nya segudang dicafe maupun pensi2 4 KONEKSI yg bisa mengantar demo anda langsung ke A&R, bilang mungkin koneksi itu merekomendasikan demo anda ke A&R yg lain di label itu sendiri.

12. kmaren2 saya kirim2 demo ke lima label (Musica, Sony, Prosound, Virgo, ma Aquarius), modal nekat aja deh pokonya, entah bakal didenger atau enggak. Kalau di musika ada ruang penerimaan demo, dengan ibu Tuti, di bilang sih katanya hari kmaren ada schedule demo listening dari A&R musica ( what a lucky day, perhaps) dan gw di suruh nelp hari jum'at buat tau diterima atau enggak nya.. orangnya seh enak, dia sempet cerita "pernah ada band materinya bagus tapi tampang "ndeso" ( kata tukul ) tim A&R jadi enggak minat, ibu tuti ini katanya sempet meyakinkan kalau tampang bisa dipoles nanti, tapi enggak tembus... kalo di sony jutek abis resepsionisnya, mau nanya2 aja enggak bisa malah suruh duduk doank di bikinin tanda trima dan yang bakal kontak itu dia ( itu kalau tertarik ) jadi ngambang deh, Prosound lumayan baik, tapi waktu kira2 1 bulan baru kita nelpon... Virgo juga resepsionist, kita yang nelp juga sekitar 2 minggu katanya... Aquarius hampir sama 1 bulanan juga, kita yang di telpon kalo ga salah, soalnya saya enggak ikut masuk. EMI dan Warner ga trima demo sampai taun depan karna dah banyak...

13. Kalau ngirim demo lewat resepsionis sih susah diharapkan, untung2an aja dan bener2 UNTUNG2AN, well kemungkinannya mungkin 1:1000, paling mudah sih kalo punya kenalan orang label, atau cara lainnya, kita harus "membesarkan" nama kita/band, misalnya dgn banyak2 manggung "merajai" pensi2 sekolah atau bikin event2 gitu nanti kan kalau orang labelnya udah tau nama band / nama kita, mereka akan penasaran sendiri dan kemungkinan utk "diperhatikan"nya lebih besar.

14. Jangan selalu beranggapan "pengen kaya masuklah ke major label". Duit tidak cuma bisa didapat via musik. Ada banyak jalan menuju Roma :).

15. Buat masuk ke major label, sebaiknya band itu juga punya semangat juang. sering manggung di gigs dan kumpulin masa yang banyak. mulai dari temen-temen aja dulu. bikin gimmick yang bagus kalo di panggung dan juga bikin hype yang keren banget. major label akan lebih ngeliat band yang juga punya semangat juang yang tinggi apalagi kalo udah punya fan base yang kuat, karena fan base itu cikal bakal pembeli loyal.

16. biasanya sih dalam bentuk CD audio
yg harus dilengkapi :
1. Lagu (waktu saya ke Aquarius, syaratnya minimal 4 lagu)
2. Proposal (biodata, latar belakang, foto, contact Person, dll)
3. Packaging semenarik mungkin (cover, dll)

17. untuk fanbase kan bisa di liat dari MySpace... klo udah semakin banyak yang Add...berarti secara ga langsung udah cukup banyak yang tw ama kita...

18. jangan berpikir buruk dulu karena kita enggak punya fasilitas dan dana, cari temen & bergaul sama temen yg punya komputer layak buat rekaman kek, pinjem orang tua, cari pemodal, banyak cara buat rekaman tanpa harus kita sendiri yang keluar uang banyak,
filosofi saya sih cukup simple, karena kita gak punya duit makanya kita dituntut untuk lebih kreatif...

itu tadi berbagai kutipan dan tips tips nya... silahkan pelajari
namun sebelum ke mayor label ada baiknya membaca artikel yang sangat membuka pikiran kamu tentang mayor label di klik disini
so, jangan berhenti berjuang ya teman-teman :D
Maju terus musik indonesia

Sebagai catatan : ini hanya merupakan pemikiran dan dari beberapa data yg saya dapat di internet...
dan bagi saya sendiri faktor penentu yang paling besar adalah KEBERUNTUNGAN....

Salam
:)
Ferry Siregar

Monday, September 20, 2010

Noise dan Cara Mengatasi Noise

Kemarin banyak teman yg bertanya kepada saya kenapa hasil rekam audio menghasilkan NOISE yang tinggi...
baiklah sebelumnya saya akan coba menjabarkan noise itu apa....

noise adalah suatu sinyal baik yang bersifat akustik (suara), elektris, maupun elektronis yang hadir dalam suatu sistem (rangkaian listrikelektronika) dalam bentuk gangguan yang bukan merupakan sinyal yang diinginkan.

menurut saya noise yg terjadi di sebabkan beberapa faktor :
1. kabel instrument
2. kabel listrik
3. sumber listrik
4. perangkat pendukung ( seperti mixer , lampu, dll )
5. Perangkat PC/Laptop

apa saja cara mengatasinya ???
1. cek kabel instrument anda,, jika dalam kondisi kurang baik coba di ganti..
2. Kabel listrik : jika anda menggunakan kabel listrik yg panjang serta menggunakan colokan yg banyak.. usahakan kabel yg di gunakan itu benar2 tebal, dan si kabel mempunya kualitas penghantar yg baik
3. sumber listrik : sumber listrik ini bisa jadi ada 2 hal :
1. Voltase yg naik turun - gunakan stabilizer yg standart
2. pada saat instalasi listrik pertama kali,, Ground listrik anda tidak benar... coba segera di perbaiki
4. Perangkat Pendukung :.. nah ini kebanyakn yg menyebabkan noise, jika seandainya mixer anda dalam kondisi tidak baik,, bahkan ada juga salah satu mixer pabrikan... yg pernah saya alami,, memilki dengung / noise yg cukup tinggi.. jika hal ini terjadi, maka saya sarankan untuk mencoba menservicenya kembali..
5. PC atau Laptop : sebenarnya PC/Laptop sangat rawan dengan noise apalagi anda hanya menggunakan soundcard onboard. coba kita ambil pemikiran sederhana, komponennya bekerja dan menghasilkan suatu medan elektronik / elektrik... bgmn dia tidak bisa menghasilkan noise???.. saya rasa tdk mungkin.... bahkan pada laptop sekalipun... nah untuk solusinya jika hal ini terjadi pada perangkat laptop anda bukan PC... caranya coba test tanpa menggunakan charger,, jika tidak noise, berarti ada kerusakan pada system adaptor supplynya... dan jika juga masih noise,, saya sarankan untuk membeli soundcard external.... yg baik...

salam

ferry siregar

Friday, September 10, 2010

Cara Membuat Style Korg Pa500

dalam proses pembuatan style pada pa500 saya fikir tidak lah beda dengan korg serie sebelumnya seperti pa50 dan 80 seperti apa yg di tulis oleh teman saya yg berjudul Membuat Style Korg PA50 PA80 bisa di liihat di Membuat Style Korg PA50 PA80
ini saya tulis dari apa yg saya tau saja, dan mencoba untuk berbagi...

langsung aja ya
yang harus di persiapkan
1. keyboard yang dalam kondisi baik ( hidup normal)
2. waktu
3. materi
4. snack / minuman ringan

ok kita mulai langsung cara pembuatannya

- tekan tombol record pada panel di keyboard
- tekan new style
- setelah terbuka jendela baru pada layar maka akan ada tampilan track...
- sebelum membuat style baru pastikan velocity dalam posisi fix gunanya agar sound pada saat pembuatan style maka veloity yang di hasilkan akan sama rata... (ingat : velocity bukanlah volume)
- tentukan sound yang akan di pilih dengan mlakukan sentuhan / klik pada layar pa500 hal ini berlaku setiap kamu membuat pattern baik itu into, fill, break, ending, dan variation...
- coba di dengarkan materi yg akan di jadikan style..
- selanjutnya piliih kecepatan tempo yg akan mau di gunakan
- pilih jenis birama yang akan di gunakan, sebagai contoh 3/4 , 4/4 atau yg lainnya...
- aktifkan metronome dengan menekan layar anda... letaknya ada di sisi atas dengan tempo dan birama
- set panjang bar yang akan di gunakan
- selanjutnya tekan start, maka biasanya akan countdown / berbunyi metronome yg banyaknya 1 atau 2 bar dulu tergantung kamu memilih yg mana
- mainkan jenis rhytemnya... dan saya sangat anjurkan di awali dengan pengisian drum sesuai dengan materi yg dipilih untuk menjadi guide style, dan selanjutnya dengan pengisian bass, dan accomp yg lainnya...
- pilih quantize, cara mendapatkannya dengan memilih pada event edit.. not berapa yg anda gunakan 1/8, 1/16 atau yang lainnya....
kegunaan quantize ini adalah untuk merapikan pattern instrument yg kita buat, terkadang ada juga yg jarang menggunakan quantize dengan alasan agar sedikit terdengar live
- disini saya anggap kamu sudah mengisi pattern instrument lain dan membuat berbagai jenis intro, fill, break, ending, variation...
- melakukan save file... caranya tekan pada layar tanda panah kebawah di atas kiri layar keyboard kamu
dan piluuh svae style, jgn lupa memberikan namanya... dan simpan..
setelah disimpan.. saya sarankan anda untuk mengcopy style yg anda buat tadi ke MMC yg anda gunakan...

mohon maaf sebelumnya, saya tidak bisa mensertakan gambar... di karenakan sekarang saya lagi tidak memegang alatnya ( tidak punya)
jika ada kata2 yg kurang bisa di pahami harap maklum ya... namanya juga lagi belajar.... hehehhehehe  :D

salam

:)

ferry siregar...

Saturday, August 21, 2010

Cara Memutar file mp3, wave di korg pa 500 dan memasukkan sound kn ke pa

Tulisan ini saya buat karena sudah banyak yang mempertanyakan kepada saya gimana caranya memutar file mp3, wave di pa 500 dan memasukkan sound KN Series Ke keyboard Korg Pa 500..

berikut langkah2nya :

1. siapkan alatnya
2. file yg akan di putar
3. putar file wave, mp3 nya di player yg support, kemudian out nya di konek ke pa500
4. selamat anda sudah bisa memutar file mo3 dan wave


wakakakakkakakakak

cara memasukkan sound kn series ke korg pa500
SERIUS INI LOH.....

pertama2, siapakan keyboard kn series dan korg pa500
langkah ke 2 : siapkan filenya yang akan di putar
langkah ke 3: mainkan kn series anda, dan jangan lupa output kn series di hubungkan dengan pa500

SELAMAT ANDA DAH BERHASILLLL

WAKAKAKKAKAKAKAK

KETIPUUUUUUUUUUUUUUUU

JUST HUMOR

salam
ferry siregar
:))

Saturday, July 31, 2010

Bermain Keyboard dengan Sound Modul PC atau Laptop

Untuk melengkapi artikel saya yang berjudul CARA MENGKONEKKAN KEYBOARD KE PC ATAU LAPTOP yang bisa di buka di http://ferrysiregar.wordpress.com/2010/06/21/cara-mengkonekkan-keyboard-ke-pc-atau-laptop/

untuk itu berikut tahapan yang harus kamu lakukan:
1. Laptop / Pc
2. Software VSTi
3. Software patch by untuk ini seperti Chainer
4. Driver Asio4all
5. Keyboard Controller
6. Soundcard (option)

Langsung aja kita masuk ke Point 1 :
Untuk sebagaia media Pengganti Module.. maka di harapkan sekali PC/Laptop yang bro miliki memiliki Specifikasi yg baik seperti :
Processor minimal mengusul intel p4
Memori /Ram sebesar minimal 512
memilki Port USB / firewire (option untuk soundcard)

untuk point ke 2
Software Vsti atau Virtual Instrument ini sangatlah penting.. apa-apa saja yg anda Perlukan ? ini saya ambil dari VSTi yg biasa saya pakai.. antara lain :
1. Korg Legacy
2. M1 station
3. FM8 / FM7
4. Morphine
5. Hypersonic 2
ini penampakan hypersonic dan korg legacy

nb : banyaknya VSTi itu tergantung Anda

untuk point ke 3.
Patch by ini berfungsi untuk memanggil atau meloading VSTi yg akan di buka dan juga bisa memanggil VSTi yg tidak standalone atau berdiri sendiri... disini saya menggunakan CHAINER

untuk point ke 4.
Driver asio4all fungsinya untuk mengatasi latency

untuk point ke 5.
Keyboard Controller saya rasa bro dah rau fungsinya..

Tahap selanjutnya adalah melakukan instalasi dan setting pada PC/ LAPTOP anda... saya berharap disini bro dah tau cara instalasi software...
Jadi saya langsung masuk ke Setting nya.. untuk setting Chainer dan Controller saya tidak akan menjelaskannya lagi karena sudah saya sertakan caranya di artikel sebelumnya yaitu CARA MENGKONEKKAN KEYBOARD KE PC / LAPTOP

Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara mensyncronisasi hardware dengan software dengan cara cepat
hal yg harus kamu lakukan :
1. buka aplikasi chainer (dengan harapan saya kamu dah mensetting dengan benar di setting chainernya)
2. insert sound atau VSTi yg di inginkan.
3. ini hal yg sangat penting... jika bro sudah membuka aplikasi VSTi seperti Legacy maka lakukan syncronisasi atau assign tombol yang ada di software dengan di hardware... gunanya agar fungsi tombol yg ada di software dapat kita mainkan di keyboard secara REALTIME... caranya cukup mudah KLIK kanan pada MOUSE di SOFTWARE dan Pilih LEARN trus loe PUtar tombol / knop / slider yang akan loe assign... MUDAHKAN ???

Selamat Anda sudah memiliki Sound Module

Salam
:D
Ferry Siregar

Friday, July 23, 2010

OPEN LABS - OPEN RIFF 2.0

Ternyata Openlabs tidak hanya mengeluarkan Produk bersifat keyboard saja,, akan tetapi dia juga mengeluarkan Software yang berupa VSTi atau biasa kita sebut Virtual Instrument.... disini saya tidak menjelaskan apa dan bagaimana penggunaanya.. karena rekan2 pasti tau fungsi VSTi itu bagaimana.... untuk lebih lanjutnya apa aja fitur yang terdapat pada Open Labs Riff 2.0 ini saya sertakan yang saya ambil dari situs resminya.. semoga hal ini dapat menjadi info bagi teman2....

Open RiFF 2.0


Top New Features:



  • Midi Sequencer: Provides the fastest way to start creating music with your virtual instruments and effects with linear or pattern-based sequencing.

  • Midi Out: Control other midi modules with your keyboard, controllers and live controls.

  • Program Change Support: Open Riff can now send program changes to your other midi devices upon song selection. Other devices can send program change messages to Open RiFF for song selection

  • Global Master FX Bus: Now each song in a setlist can share a common rack of effects for ease of access and reduced processor usage.

  • Enhanced Sound Browser: Provides easy search and navigation through your thousands of sounds as well as one touch auditioning of instruments, effects and saved songs.


Open RiFF is a virtual instrument and effect host that allows you to bring your virtual studio on stage with the speed and robust performance of traditional keyboard workstations. Designed and optimized for use with Open Labs' hardware and touchscreen, Open RiFF is easy to use and control. No mouse or qwerty keyboard needed.

The Sound Browser: The enhanced Sound Browser in Open RiFF 2.0 makes searching and auditioning sounds easier than ever. With a familiar search engine like interface, simply type the name or description of the sound you're looking for. All plugins, presets sounds, and save configurations are filtered down to your description. From there you simply touch the sound with your finger and you're are ready to play it or add it to your setlist....



Build Your Setlist: The Setlists in Open RiFF 2.0 allows seamless and gapless changes of Songs for your gig.



Each Song contains your desired sounds, be it a simple piano, a heavy layered synth patch, or keysplit.

undefined

With MIDI Out controls (New in 2.0), Songs can also send Program Change messages to other midi gear you may use. One simple touch can change your entire live rig...



Live Controls: Lets you create a screen of custom controls per song for quick, touchscreen friendly access to just the parameters you need. Choose from sliders, knobs, buttons, note buttons, and X,Y Pads.  Controlling a complex plugin such as this...



Can be simplified to this:



MIDI Sequencer: New in Open RiFF 2.0 is a full fledged midi sequencer supporting tradition linear and pattern-based midi loop recording. Capture your ideas immediately when inspiration strikes,



or use it to play backing tracks during your gig. All features in Open RiFF 2.0 are easy to use and touchscreen friendly including our Midi Editor...



and our Automation Editor



Build your idea in Open RiFF 2.0, then export them to separate tracks to your DAW of choice to complete it.



Open RiFF supported DAW's include Cubase, Reaper, Pro Tools, Sonar, Studio One, and many more.

Sumber : http://www.openlabs.com/openriff.html

Thursday, July 22, 2010

FLOPPY to USB EMULATOR Untuk Keyboard



Setelah sebulan lebih berdiskusi dengan pabrik penyedia barang ini dan saya test di beberapa keyboard, sekarang saya coba tawarkan kepada Bapak, Ibu & Rekan-rekan di SOLFEGIO FORUM :


FLOPPY to USB EMULATOR
Alat untuk mengganti Floppy disk drive menjadi USB Drive

http://i35.servimg.com/u/f35/13/75/78/94/fdemul10.jpg

(Foto : USB Emulator dipegang oleh Jhony Charl)

Syarat penggunaan :
1. Floppy Disk Drive yang akan diganti harus yang menggunakan socket 34 pins (standart komputer/PC) seperti gambar di bawah ini :

2. Dimensi/ukuran sama persis dengan Floppy disk drive.

Cara Kerja :
1. Di dalam flashdisk kita membuat 100 FOLDER berurutan dari nomor 00 s/d 99. isi maksimal dalam 1 folder adalah = 1,44Mb (sama dengan kapasitas 1 disket).
2. Kita tekan memilih nomor folder yang akan di akses melalui 2 tombol UP & DOWN di emulator ini, lalu menekan tombol DISK (atau sejenisnya) di keyboard sebagaimana biasanya kita mengakses disket di keyboard.
3. Flash disk yang bisa digunakan adalah flash disk yang umum di jual di pasaran.
4. Kapasitas flashdisk yang dibutuhkan hanya = 100 x 1,44Mb = 144Mb. jadi ga ada gunanya pake flashdisk yang bergiga-gigabyte Laughing


Untuk lebih yakinnya, silahkan liat video di bawah ini :
http://www.youtube.com/watch?v=fysgfAFxEi4&feature=player_embedded





Unit ini sudah di test dan ready untuk dipakai di :
1. yamaha : PSR630 ,psr640 ,psr730 ,psr740 ,psr1000 ,psr1100 ,psr2000 ,psr2100
2. korg : PA50 ,PA60 ,PA80 ,i30 ,is35
3. Technics : KN1400 ,KN3000 ,KN1600 ,KN2400 ,KN6000 ,KN6500 ,KN1500 ,KN930
4. Roland : G800 ,G1000 ,E86 ,E96 ,VA3 ,VA5 ,VA7 ,VA76

Untuk Keyboard tipe lain, akan kami test dikemudian hari.



Harga :
Rp.2.000.000,-
(Dua Juta Rupiah)
Silahkan PM atau kirim email langsung ke :
antonipasaribu@solfegio.com
jhonycharl@gmail.com
Perbandingan harga dan barang, silahkan cek di: KLIK DI SINI
pengiriman menggunakan Tiki JNE, untuk ongkos kirim, cek www.jne.co.id asal pengiriman dari Jakarta.




Cara Pemesanan :
1. Cek terlebih dahulu spek socket di keyboard Anda. saya tidak bertanggung jawab kalau ternyata socketnya berbeda.
2. Uang pembelian + ongkos kirim di transfer ke :
ANTONI PASARIBU
BNI CABANG SUNGAI PENUH
Nomor Rekening : 0164635773

Info Untuk transfer dari rekening bank lain (ATM Bersama) : KLIK DI SINI











3. Jika memungkinkan, Scan dan kirimkan bukti transfer Anda ke email : antonipasaribu@SOLFEGIO.com
4. Barang akan kami kirimkan setelah uang ditransfer.



KETENTUAN LAINNYA :
1. Ongkos kirim ditanggung oleh pemesan.
2. Gambar di atas adalah gambar sample produk, untuk hasil final, packaging berupa Karton.


TERIMA KASIH

STOCK TERBATAS

Cek juga di web Solfegio Forum :

http://solfegio.indonesianforum.net/floppy-to-usb-emulator-f46/floppy-to-usb-emulator-untuk-keyboard-t3812.htm#62923

Monday, July 12, 2010

Onyx Arranger 2.1 LE Alternatif Pembuat Midi

Mungkin banyak software yang berbasis DAW yang mengusung fasilitas midi maker,,, seperti nuendo, sonar atau cakewalk atau cubase dan lain-lainnya..... kali ini saya akan mencoba membahas apa itu Onyx Arranger dan apa - apa saja yang bisa di hasilkan serta yang di butuhkan untuk software ini bisa berjalan dengan maksimal....

yang kita butuhkan :

1. Personal Computer (PC)/ Laptop + OS
2. Onyx Arranger ( disini saya menggunakan ver 2.1 LE )
3. Soundcard + Driver
4. Midi Cable
5. Materi lagu yg akan di buat...

selanjutnya kita akan bahas apa2 aja yang ada di dalam software onyx ini.. untuk itu saya sertakan fitur2nya yang saya dapat dari website resminya dan di teruskan oleh suatu forum
kalau mau tau forum tersebut, ini linknya http://solfegio.indonesianforum.net/freeware-f19/onyx-arranger-21-le-t4175.htm#70581 ( SYARAT HARUS LOGIN DULU )... seperti berikut ini :
Untuk fiturnya :
General Features and Editing
• Tracks, measures, notes, events, envelope editing
• Bank/Patch selection, Volume, Pan, Key+, Time+, Vel+, Mute/Solo control
• Controllers envelope drawing
• Chords Pane
• Record/Play/Loop functions
• Multi-port MIDI Output
• Drag-and-drop operations
• Onyx Arranger Project Files
• Undo/Redo
• Customizable zoom ratios
• Customizable toolbars
• System and user-defined function presets
• Embed summary information in project
• Brightness/Contrast controls and colors scheme selection
• Sending of GM, GS, XG Sysx from the main toolbar
• Import of Cakewalk .ins files
• Parameters Optimization
Orchestrating
• Selection of an OOStyle at any measure in a song
• Any number of OOStyles in any order
• Independent generation of arrangement modes for each style
• Using OOStyle in any Meter (for example, 3/4 to 7/8 and vice-versa)
• Tempo/Meter adjustment to fit an OOStyle into a song
• Score Morphing for each chromatic track, and Drum Converter for a drum track
• Fine adjustment of the morphing process in the Common Morphing Parameters dialog
• User Fill mode
• Expanding/collapsing sections in Orchestrator
Harmonizing
• Recognition of Key/Scale and search for the best harmony sequences
• Indication of qualitative estimations of the created chord progressions
• Selection of a harmonization style according to genre (Jazz, Pop, Classic, etc.) in Major and Minor
• Flexible harmonization algorithm with controllable settings
• Factory and user presets
• Expanding/collapsing sections in the Harmonizer
Song Managing
• Selection of chords from a comprehensive list (Associated, Inversions, Limited, Any Chords - total number of more than 100 types) and input chords from PC keyboard with time snap from one measure to 1/8 note
• Indication if the chord doesn't belong to the chosen (or recognized) Key/Scale
• Flexible editing of the chord progression
• Harmony is always appropriate for any meter
• Saving and loading of a chord progression at any measure in a song preserving initial meter or transformation into the current one
• Selection of OOStyles from a list
• Chaining together any number of OOStyles into a song
• Markers, Lyrics, Orchestra Fill inserting
• All markers drag-and-drop editing Main and Orchestrator Tracks
• MIDI offline tools applying for Main tracks
• Clip editing flexibility for Orchestrator tracks including time overlapping between assigned styles
• Each track has the following controls: Mute/Solo, Patch Change, Bank Change, Volume, Panning, etc.
MIDI offline tools
• Event Filter
• Quantizer
• Time-Pitch Adjuster
• Interpolator
• Chord/Key Transposer
Additional Views, Tools and Options
• Piano-Roll view
• Event List view
• Keyboard view
• Tempo view
• Meter view
• Sysx view
• Auto Track Type definition
• Chords Audition MIDI data rendering
• Orchestrator Tracks rendering

ok selanjutnya kita mulai untuk cara membuat midi file, disini saya katakan langsung software ini tidak jauh beda dengan cakewalk pro audio 9,,, hanya saja yang membedakannya ada beberapa fitur yang tidak di milkinya,, seperti insert file audio yang akan kita jadikan guide.

tanpa basa basi lagi ya bro.. langkah yang harus loe lakukan
1. adalah membuka aplikasi Onyx

2. buat new file yang gunanya untuk membuat track baru.

3. kita masukkan track midi yang akan kita buat dengan cara klik kanan pada main track trus insert empty track

4. setelah ada track baru,, langkah selanjutnya adalah memasukkan instrument yang kita inginkan
nah di sini kamu akan melihat kemiripan software ini dengan cakewalk.. dimana aplikasi windownya nyaris sama, dan yang membuat perbedaannya adalah pada cross toolbar,, yang gak bisa di tarik,, sehingga sangat menyulitkan kita untuk assign track ke sound atau pacth yang akan digunakan,, pasti yg blm pernah coba bingung ya dengan kata-kata saya...
biar gampang begini,, aja setelah ke buka window,, kamu gak akan bisa liat track yang akan si perintah ke patch / midi mapping GM,XG, dll.. biar gak panjang penjelasannya loe coba aja lah bro

5. masukkan Patch yg loe inginkan dengan melakukan klik pada option Instrument, trus loe klik define dan pilih import,, nah cari aja dimana loe simpan pacth atau mapingnya.... pasti ada

6. loe klik pada main track tulisan TYPE pilih apa yg loe inginkan, trus pilih chanell,, misal chanel 10 untuk drum... pada bank loe klik patch yang kamu pilih tadi,, misal GM atau XG (terserah mau loe pilih mana),, trus loe klik tulisan patch,, maka akan keluar instrument yg loe inginkan....

7.  selanjutnya merekam track midi... untuk metronomenya, midi setting out/in, dll yang terdapat pada menu Option, contoh seperti pada gambar, gambar tersebut merupakan mdi setting out dan in dan ini salah 1 awal yang harus kamu lakukan untuk awal mengerjakan project ..

8 .  Sampai disini saya anggap kamu dah merekam midi di banyak track,, sama seperti tutorial sebelumnya yang saya jelaskan,, kamu harus melakukan pengeditan agar midi yang di hasilkan sesuai dengan metronome,, maka kamu harus membuka piano roll.. untuk itu loe bisa klik kanan pada track pilih piano roll atau mengkilk pada menu toolbar seperti ini  :



pada gambar tersebut kamu bisa mengklik logopiano.. itulah piano rollnya....

8.  Melakukan penyimpanan file,, dengan anggapan saya loe dah nyelesaikan semua track dengan baik, caranya klik pada menu, file save as,, dan sinpan ke format midi....

Mungkin ada kelebihan dari software ini dimana, dia memilki fasilitas harmoni,, ini di tujukan buat midi maker bekerja dengan mudah, dengan di sertakannya scale pada menu harmonizer... seperti pada gambar :  

dari gambar tersebut kamu bisa liat menu-menu apa aja yang terdapat pada harmonizer...

dan Onyx Arranger ini juga memilki fasilitas trasnpose keys seperti gambar ini:

disitu kamu bisa membuat scale

trasnpose serta merubah chord

sebelum saya lupa menuliskan,, karena dah terlalu panjang tulisan ini,, dan saya yakin kamu juga malas membacanya,, langsung aja ya

Onyx Arranger ini memilki Fasilitas Style,, yang mana style sejauh saya masih disertakan dalam formatnya onyx.... dengan kolom style ini,, kamu juga bisa memasukkan tulisan chord, lyrics, dan sebagainya... termasuk juga melakukan orchestrator yang bersifat mini... untuk gambarnya seperti ini...

[caption id="attachment_251" align="alignleft" width="300" caption="onyx style"][/caption]

[caption id="attachment_252" align="alignleft" width="300" caption="onyx orchestrator"][/caption]

disini kamu bisa liat gambarnya kan... inilah penampakan dari kolom Style dan Orchestrator.. mungkin kelihatannya sulit... tapi seandainya loe rajin ngebuka dan mempraktekkannya leo akan terbiasa dengan apapun

Itulah sekilas mengenai ONYX ARRANGER 2.1 LE, semoga tulisan yang secuil ini bisa menjadi inspirasi kamu untuk lebih mau BELAJAR MUSIK DAN AUDIO DIGITAL...

Dedicate to my brother, my friend and my teacher : Bro.. A. Pasaribu :),, hahahhahaha

Salam

Ferry Siregar :)

Sunday, July 11, 2010

KORG MP10 Pro Alternatif hiburan yang Mobile...



Mungkin sebagian dari kamu ada yang sudah mengetahui produk KORG yang 1 ini ???.....
Benar sekali jawaban loe... ini adalah KORG MP10 Pro, dimana di katakan di situs resminya KORG
alat ini mampu menjalan file mp3 dan midi seperty halnya dj, di karenakan memilki control tempo sendiri
serta crossfader yang ada pada pabelnya

coba sekarang kita liat apa2 aja kemampuannya :

1. Dual Song Players capable of handling MP3 or Standard MIDI Files (SMF)

2. Pre-listen function for cueing up one song as the other plays for non-stop entertainment

3. Independent control of tempo (time stretch) and key transpose (pitch shift)

4. MP3 Vocal remover for sing-along and Karaoke style performances

5. TC Helicon Vocal Processor adds professional dynamic control, EQ and delay effects to any voice

6. Built-in MIDI sound engine based on Korg’s acclaimed EDS technology

7. Advanced song library (iTunes compatible) with multiple search parameters for quick look-up

8. Illuminated interface with color touch screen display

9. USB host & device ports for direct keyboard entry/operation and computer connection

10.Internal 120 GB hard drive stores approximately 30,000 songs!

11.Highly portable with built-in handle; travel bag included

dan loe liat kan bro... jadi dengan adanya alat ini, bisa di bilang lebih mobile untuk mendapatkan hiburan
dimana loe mau bro...
kalau loe mau karaokean, dia ada fitur untuk vocal remover, suara loe kurang enak di dengar, loe bisa utak atix equalizer
dan fx yang diusung oleh TC HELICON. jadi dah pasti loe nyanyi seperti vocalis Profesional

Untuk infonya lebih lanjut loe bisa datang ke situs resminya aja

http://www.korg.com/product.aspx?pd=576

Salam

Ferry Siregar :)

Saturday, July 10, 2010

Software Virtual Arranger



Apa ² vArranger?

Setelah riset pasar menyeluruh, baik di keyboard arranger terakhir profesional, musik, perangkat lunak yang kami memutuskan untuk mengembangkan perangkat lunak vArranger ², berdasarkan keinginan para musisi profesional di seluruh dunia, menginginkan sederhana dan efisien, dengan ergonomi ditingkatkan untuk permainan "Live" untuk memainkan musik orkestra kualitas tanpa kompromi.



Prinsip operasi adalah sederhana:

Anda menghubungkan komputer ke favorit instrumen MIDI Anda (biasanya keyboard dengan MIDI atau USB, tetapi juga gitar MIDI, akordeon MIDI ...)
Anda menghubungkan komputer ke MIDI synthesizer (generator nada)
VArranger ² berhati-hati untuk mengenali "real time" chords dan menghasilkan sebuah orkestrasi penuh dengan gaya yang Anda pilih, sedangkan yang memungkinkan Anda kendali penuh atas semua aspek bermain instrumental.



Masalahnya

Ada ratusan synthesizer MIDI di pasar dan masing-masing berisi ratusan parameter untuk mengubah suara.

Sementara standar telah muncul di dekade terakhir (GM, GM2, ig, GS ...) untuk standarisasi komunikasi antara alat musik, sejumlah besar pesan MIDI masih bervariasi dari satu instrumen yang lain. Ini berarti bahwa setelah digunakan synthesizer, suara akan sangat berbeda, sering tidak terkendali.

Selain itu, kami menemukan bahwa jarang melihat musisi menikmati di halaman belakang mengupas dokumentasi synthesizer mereka dengan tabel Heksadesimal sulit, DC, Sys Ex, dll ... Belajar dengan contoh bagaimana menghapus reverb "" dari bass drum.

Selain mendukung file secara otomatis (atau gaya, pola, irama ...) dari keyboard, akan berdering sering buruk pada synthesizer dari merek lain.

Jika keyboard arranger profesional suara begitu baik justru karena produsen telah menguasai dengan sempurna semua parameter synthesizer mereka.



Solusi yang diusulkan oleh ² vArranger:

Alih-alih mengembangkan perangkat lunak dengan ribuan parameter untuk masuk ke menu dan submenu, kita memilih pendekatan integratif.

Kami telah memutuskan untuk mengusulkan solusi siap digunakan untuk musisi, dari ujung ke ujung rantai produksi suara.

Tentu saja, perangkat lunak secara inheren scalable dan kami menjamin teknologi konstan untuk mengintegrasikan secara bertahap sebagai solusi bahwa kita merasa benar-benar dapat digunakan untuk musisi.

pilihan pertama kami berpaling pada integrasi modul suara SD2 KETRON.



Fitur:

² vArranger memungkinkan Anda kontrol total dan kemudahan modul suara: Mengubah suara, tujuan Multi, Sintesis mixer suara di 16 channel MIDI, Range Timur Organ drawbars, Splits, Layers ...
VArranger ² termasuk arranger real-time - setara dengan keyboard arranger terbaik di pasar - terutama dioptimalkan untuk performa luar biasa, dengan algoritma komputer yang canggih untuk model prinsip-prinsip dan aturan harmoni orkestrasi.
Eksklusif: ² vArranger Anda dapat memainkan gaya KETRON format. Kompatibilitas asli yang lengkap tanpa konverter. Legendaris alur, wah-wah gitar, bass mount, riff kuningan, irama Latin berapi-api, beats dicatat oleh drumer nyata, gitar 'Unplugged' ... Semuanya ada!
² vArranger dapat dikendalikan secara jarak jauh dari keyboard MIDI controller, atau dengan keyboard (wireless?) Dari komputer Anda. Semua fungsi yang dapat ditetapkan di klik!
Termasuk 400 suara baru (sampai 5 lapis) SD2 kekayaan luar biasa Ketron untuk modul.
Baru: Kemampuan untuk menghubungkan dua instrumen MIDI.
Baru: Berbagi Mode keyboard (Split) sederhana dan fleksibel.
Kendali DNS dari batang hubung, demi cintanya dari Organ pada batang hubung.
Dengan ² vArranger, modul suara anda dioperasikan pada maksimum. Anda tidak pernah membayangkan mampu potensial seperti itu!



Dan juga:

Tim pengembangan terdiri eksklusif vArranger musisi gairah ² yang ingin, di atas semua, realisasi instrumen untuk adegan efisien dan efektif, dan berbagi inisiatif ini dengan musisi amatir dan profesional lain di seluruh dunia.
Kami mendengarkan komentar dan saran untuk mengubah perangkat lunak sehingga sesuai dengan kebutuhan Anda.
Kami membantu Anda menginstal dan mengkonfigurasi perangkat lunak, dan kami berjanji untuk mendapatkan kepuasan Anda.

Translete by google
Sumber : http://www.varranger.fr/Home_Page.php

Wednesday, July 7, 2010

Defenisi (keterangan) Digital Audio Workstation - DAW


Mungkin dah banyak orang yang mengetahui tentang Digital Audio Workstation (DAW)... Apalagi di zaman sekarang ini,,, DAW banyak digunakan dari mulai Home Recording sampai yang sifatnya MAJOR...
Saya akan sedikit menjelaskan DAW itu apa :

Digital Audio Recording atau biasa di sebut DAW.. adalah regenerasi dari penyempurnaan alat Recording yang dulunya masih menggunakan Pita... dan di dalam perkembangannya.. banyak sekali Pro dan Kontra mengenai keberadaan DAW ini,, sehingga pada akhirnya melalui prosess pengembangan... yang sangat signifikan bisa di bilang juga luar biasa... DAW bisa di terima di banyak kalangan dengan fitur-fiturnya seperti bisa merecord midi, play, editing dan sebagainya....

Mungkin kamu bertanya apa aja sih perangkat DAW itu bang ???
saya mencoba menjawab untuk itu,,, DAW merupakan Alat, software yang bersifat digital yang memudahkan composer atau Arranger, musisi, sound enggineer (SE) dalam melakukan pekerjaan,, seperti yg saya bilang di atas dengan segala kemudahannya,, sehingga DAW ini menjadi pilihan tepat untuk menangani project audio yang berbasis Recording maupun Live...

Sedangkan untuk softwarenya sendiri,,, sangatlah banyak jenisnya seperti :
1.Nuendo
2.Sonar.
3.Ableton.
4.Cooledit
5.Fruity loops
6.Protools
7.Logic
8. dll.....

Kalau bro mau tau mengenai digital audio workstation yang versi English bisa mencarinya di situs-situs karena banyak sekali beredar... mengenai apa itu pengertian Digital Audio Workstation.
Mungkin sebagai contohnya kamu bisa mengunjungi link ini....

http://en.wikipedia.org/wiki/Digital_audio_workstation

Semoga Penjelasan Sederhana ini bisa membantu kamu,,, knp saya tuliskan secara sederhan???,,, kalau saya tulis semuanya bisa 1 hari 1 malam,, karena seiring pengembangan DAW itu sendiri....

Salam

Ferry Siregar :)

Sunday, July 4, 2010

Steinberg Nuendo 5



Disini saya tidak mengajarkan bagaimana menggunaan nuendo 5 di karenakan blm punya bro,,, tapi kalau ada yg mau belikan original gak apalah ( ngarep )... hehehhehehe. Tetapi disini saya hanya berbagi Informasi saja..... SELAMAT MEMBACA .......... :)

Setelah berhasil Mengeluarkan NUENDO4. kini Steinberg Mengeluarkan Produk terbarunya Nuendo 5 yang memilki fitur yang lebih sempurna untuk dari segi audio maupun Video... Di situs resminya Steiberg www.steinberg.net disebutkan.. software ini mampu untuk menghasilkan AUDIO dan VIDEO yang baik...

Apanya Keunggulannya ????
pada gambar bisa kita liat untuk editing video dimana dikatakannya Nuendo 5 baik untuk Industri seperti FILM, LIVE RECORDING dan lainnya....
Sehingga memudahkan kita dalam bekerja.....
Untuk melihat harga dan apa aja kelebihannya yg lebih lengkap bisa berkunjung ke http://www.steinberg.net/en/products/nuendo/why_nuendo.html#c45532


Sumber : http://www.steinberg.net/en/products/nuendo/why_nuendo.html#c45532