Wednesday, July 7, 2010

Defenisi (keterangan) Digital Audio Workstation - DAW


Mungkin dah banyak orang yang mengetahui tentang Digital Audio Workstation (DAW)... Apalagi di zaman sekarang ini,,, DAW banyak digunakan dari mulai Home Recording sampai yang sifatnya MAJOR...
Saya akan sedikit menjelaskan DAW itu apa :

Digital Audio Recording atau biasa di sebut DAW.. adalah regenerasi dari penyempurnaan alat Recording yang dulunya masih menggunakan Pita... dan di dalam perkembangannya.. banyak sekali Pro dan Kontra mengenai keberadaan DAW ini,, sehingga pada akhirnya melalui prosess pengembangan... yang sangat signifikan bisa di bilang juga luar biasa... DAW bisa di terima di banyak kalangan dengan fitur-fiturnya seperti bisa merecord midi, play, editing dan sebagainya....

Mungkin kamu bertanya apa aja sih perangkat DAW itu bang ???
saya mencoba menjawab untuk itu,,, DAW merupakan Alat, software yang bersifat digital yang memudahkan composer atau Arranger, musisi, sound enggineer (SE) dalam melakukan pekerjaan,, seperti yg saya bilang di atas dengan segala kemudahannya,, sehingga DAW ini menjadi pilihan tepat untuk menangani project audio yang berbasis Recording maupun Live...

Sedangkan untuk softwarenya sendiri,,, sangatlah banyak jenisnya seperti :
1.Nuendo
2.Sonar.
3.Ableton.
4.Cooledit
5.Fruity loops
6.Protools
7.Logic
8. dll.....

Kalau bro mau tau mengenai digital audio workstation yang versi English bisa mencarinya di situs-situs karena banyak sekali beredar... mengenai apa itu pengertian Digital Audio Workstation.
Mungkin sebagai contohnya kamu bisa mengunjungi link ini....

http://en.wikipedia.org/wiki/Digital_audio_workstation

Semoga Penjelasan Sederhana ini bisa membantu kamu,,, knp saya tuliskan secara sederhan???,,, kalau saya tulis semuanya bisa 1 hari 1 malam,, karena seiring pengembangan DAW itu sendiri....

Salam

Ferry Siregar :)

10 comments:

  1. And always..... the "best sound" is only and the only with "PITA/Tape" ...hehehhehe..
    Warm nya itu lho.... hehehhe...(tapi bagi saya lho :P )

    salam

    ReplyDelete
  2. sejujur nya saya tidak pernah bermain dengan analog (pita)... dan analogi saya begini bang.. analog emang lebih baik.. tp digital juga bisa menjadi baik dan lebih simple.... serta perangkatnya jauh lebih murah untuk home recording.... :))

    terima kasih banyak dan mau berkunjung ke rumah saya yang sederhana ini.... :)

    ReplyDelete
  3. Digital....Simple, yes......Praktis, yes....better?? yes or no hehehehe..

    Analog...Simple, maybe yes....Praktis, maybe yes...better?? hmmm...mungkin dari pendapat saya yang ini mungkin bisa ditarik jawaban (bagi saya hehehhe)..

    -Analog memberi kesan lebar dan keruh secara analog krn...adanya trafo dan sirkuit (misal dalam hardware plug in) yang selama ini kita denger di industri musik dunia...dan digital sendiri mensimulasikan Hardware ini ke dalam bentuk digital (dan setau saya, tidak ada satu plug in pun (misal dalam dunia plugin) yang dapat mensimulasikan digital Hardware secara 100% ... dengan ini digunakan beberapa kombinasi plug in digital (misal dalam plug in) untuk mendapatkan kesan Hardware tsb (mungkin contohnya dalam paralel Compression di DAW yang plugin Compresornya dikombinasi dengan plugin Tape digital utk mendapatkan Hardware itu)...

    wahhh...diskusi yang menarik nih ..hehehhe...

    CMIW


    salam

    ReplyDelete
  4. Seru jg yah klo bisa ngebahas ANALOG VS DIGITAL...

    ReplyDelete
  5. wah bukan gak mau, tp gak akan habisnya, dengan berbagai opini masing2 orang dngan seleranya masing2...
    tapi bagi saya.. telinga gak bisa boong,, dan analog gak bisa tergantikan.. walaupun saya membuat lagu menggunakan digital

    ReplyDelete
  6. numpang tanya mas,bagaimana cara memasukkan battery ke raeper?thank

    ReplyDelete
  7. skali lg ms ferry,q minta tlng gmn crany memasukkan battery ke raeper?

    ReplyDelete
  8. insert new track.. liat symbol tulisan FX di atasnya.. klik itu, maka akan keluar jendela baru,,, nah pilih reaper...
    selamat mencoba :)

    ReplyDelete
  9. insert new track.. liat symbol tulisan FX di atasnya.. klik itu, maka akan keluar jendela baru,,, nah pilih reaper...
    selamat mencoba :)

    ReplyDelete
  10. wah bukan gak mau, tp gak akan habisnya, dengan berbagai opini masing2 orang dngan seleranya masing2...
    tapi bagi saya.. telinga gak bisa boong,, dan analog gak bisa tergantikan.. walaupun saya membuat lagu menggunakan digital

    ReplyDelete

www.ferrysiregar.com