Thursday, April 26, 2012

Hubungan Music dan Hati

Kemarin sempat ada suatu omongan dalam suatu group di pesbuk...apa ya hubungan music dan hati???
dari panjangnya obral saya dapat suatu kesimpulan

Music

Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyian.[1] Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni. Mendengar musik pula adalah sejenis hiburan. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik.

Sumber : wiki

Hati serta Otak Kanan dan Kiri
Hati (bahasa Yunani: ἡπαρ, hēpar) merupakan kelenjar terbesar di dalam tubuh, terletak dalam rongga perut sebelah kanan, tepatnya di bawah diafragma. Berdasarkan fungsinya, hati juga termasuk sebagai alat ekskresi. Hal ini dikarenakan hati membantu fungsi ginjal dengan cara memecah beberapa senyawa yang bersifat racun dan menghasilkan amonia, urea, dan asam urat dengan memanfaatkan nitrogen dari asam amino. Proses pemecahan senyawa racun oleh hati disebut proses detoksifikasi.
Lobus hati terbentuk dari sel parenkimal dan sel non-parenkimal.[1] Sel parenkimal pada hati disebut hepatosit, menempati sekitar 80% volume hati dan melakukan berbagai fungsi utama hati. 40% sel hati terdapat pada lobus sinusoidal. Hepatosit merupakan sel endodermal yang terstimulasi oleh jaringan mesenkimal secara terus-menerus pada saat embrio hingga berkembang menjadi sel parenkimal.[2] Selama masa tersebut, terjadi peningkatan transkripsi mRNA albumin sebagai stimulan proliferasi dan diferensiasi sel endodermal menjadi hepatosit.[3]
Lumen lobus terbentuk dari SEC dan ditempati oleh 3 jenis sel lain, seperti sel Kupffer, sel Ito, limfosit intrahepatik seperti sel pit. Sel non-parenkimal menempati sekitar 6,5% volume hati dan memproduksi berbagai substansi yang mengendalikan banyak fungsi hepatosit.
Filtrasi merupakan salah satu fungsi lumen lobus sinusoidal yang memisahkan permukaan hepatosit dari darah, SEC memiliki kapasitas endositosis yang sangat besar dengan berbagai ligan seperti glikoprotein, kompleks imun, transferin dan seruloplasmin. SEC juga berfungsi sebagai sel presenter antigen yang menyediakan ekspresi MHC I dan MHC II bagi sel T. Sekresi yang terjadi meliputi berbagai sitokina, eikosanoid seperti prostanoid dan leukotriena, endotelin-1, nitrogen monoksida dan beberapa komponen ECM.
Sel Ito berada pada jaringan perisinusoidal, merupakan sel dengan banyak vesikel lemak di dalam sitoplasma yang mengikat SEC sangat kuat hingga memberikan lapisan ganda pada lumen lobus sinusoidal. Saat hati berada pada kondisi normal, sel Ito menyimpan vitamin A guna mengendalikan kelenturan matriks ekstraselular yang dibentuk dengan SEC, yang juga merupakan kelenturan dari lumen sinusoid.
Sel Kupffer berada pada jaringan intrasinusoidal, merupakan makrofaga dengan kemampuan endositik dan fagositik yang mencengangkan. Sel Kupffer sehari-hari berinteraksi dengan material yang berasal saluran pencernaan yang mengandung larutan bakterial, dan mencegah aktivasi efek toksin senyawa tersebut ke dalam hati. Paparan larutan bakterial yang tinggi, terutama paparan LPS, membuat sel Kupffer melakukan sekresi berbagai sitokina yang memicu proses peradangan dan dapat mengakibatkan cedera pada hati. Sekresi antara lain meliputi spesi oksigen reaktif, eikosanoid, nitrogen monoksida, karbon monoksida, TNF-α, IL-10, sebagai respon kekebalan turunan dalam fase infeksi primer.
Sel pit merupakan limfosit dengan granula besar, seperti sel NK yang bermukim di hati. Sel pit dapat menginduksi kematian seketika pada sel tumor tanpa bergantung pada ekspresi antigen pada kompleks histokompatibilitas utama. Aktivitas sel pit dapat ditingkatkan dengan stimulasi interferon-γ.
Selain itu, pada hati masih terdapat sel T-γδ, sel T-αβ dan sel NKT.

Sumber Wiki

OTAK

Otak (bahasa Inggris: encephalon) adalah pusat sistem saraf (bahasa Inggris: central nervous system, CNS) pada vertebrata dan banyak invertebrata lainnya.
Otak manusia [1] adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf didalamnya dipercayai dapat memengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak memengaruhi perkembangan psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.
Otak terbentuk dari dua jenis sel: glia dan neuron. Glia berfungsi untuk menunjang dan melindungi neuron, sedangkan neuron membawa informasi dalam bentuk pulsa listrik yang di kenal sebagai potensi aksi. Mereka berkomunikasi dengan neuron yang lain dan keseluruh tubuh dengan mengirimkan berbagai macam bahan kimia yang disebut neurotransmiter. Neurotransmiter ini dikirimkan pada celah yang dikenal sebagai sinapsis. Avertebrata seperti serangga mungkin mempunyai jutaan neuron pada otaknya, vertebrata besar bisa mempunyai hingga seratus miliar neuron.
Neuron otak mengandung dua jenis asam lemak PUFA (bahasa Inggris: polyunsaturated fatty acids), yaitu asam arakidonat (AA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA) yang terletak pada posisi sn2 dari molekul fosfogliserida dalam membran sel neuron.[2] PUFA dapat terlepas dari fosfogliserida oleh stimulasi fosfolipase PLA-2. Molekul AA yang terlepas akan diproses oleh enzim siklo oksigenase menjadi prostaglandin dan tromboksana, atau diproses oleh enzim 5-lipo oksigenase menjadi lipoksin. Baik AA maupun DHA dapat diproses oleh enzim lipo oksigenase guna membentuk senyawa turunan hidroksi dan leukotriena.

Sumber : Wiki

wah apa hubungannya dengan music ???. kok jadi ilmu kedokteran
oke dari pada baca2 yang gak jelas tentang hati itu.. singkat katanya hati mengontrol fikiran yang ada di otak kita secara tidak langsung untuk dapat merasakan apa yg kita alami saat ini...


Karena saya gak suka basa basi.. langsung aja ya..

Banyak orang bermusik maupun mendengar musik bisa di pastikan ada beberapa faktor pendukungnya :
  1. Hobby
  2. Hiburan
  3. Pekerjaan
  4. Pengamat
HOBBY  :
hobby musik biasanya kita peroleh sejak dini, dan bagian dari bakat yang turun temurun dari keluarga dan itu sudah bisa di pastikan... dengan cara menarik lurus garis keturunan..

HIBURAN :
Hiburan dalam music tidak akan pernah di lihat secara kasat mata akan tetapi dapat di rasakan melalui organ2 tubuh manusia apapun itu...
pada orang yang mencari hiburan di musik.. biasanya di karenakan kondisi fikiran yang secara spontanitas teraplikasi tanpa sadar...
sebagai contoh : lagi santai di kamar.. tiba2 organ tubuh kita merespon untuk kita menghidupkan musik baik itu sedih maupun gembira...

PEKERJAAN :
Bagi pekerja music, music merupakan bagian pokok dalam dirinya,, dan hal ini ada beberapa kriteria orang pekerja music :
  1. Pekerja Music karena tuntutan nafkah
  2. Pekerja Music Karena Hobby
  3. Pekerja Music berawal dari hobby dan akhirnya menjadi Pekerjaan pokok, di point 3 inilah sebenarnya yang enak dan kita dapat merasakan yang sebenarnya (seperti saya alami sendiri). :)
saya rasa gak perlu menjelaskan kriteria diatas, karena anda pasti mengerti...


PENGAMAT  :
Pengamat music menurut kacamata saya,, merupakan orang yang benar2 tidak bisa di anggap sepele,, karena seorang pengamat music memiliki 1 hal yang tidak di miliki dari PEKERJA music...
dan jawaban untuk itu adalah EGO... kenapa saya bilang EGO ???
Seorang Pengamat akan melihat sisi perkembangan music dari semua genre.. trutama untuk zaman sekarang...
mereka lebih melihat aspek kualitas dan kuantitas dari berbagai music yang berkembang.. biasanya dinamakan ERA...
semakin berkembangnya suatu zaman maka mereka pun terus melihat mendengar dan merasakan... dari music itu sendiri. sehingga dapat mengambil suatu kesimpulan...


HUBUNGAN MUSIC DAN HATI...

Dari beberapa hal yang saya tulis di atas,, pasti anda dapat menarik suatu kesimpulan...

  1. Music dapat di dengarkan sesuai perasaan hati.
  2. Music dapat di mainkan dengan Hati (harus dengan alat music juga ya)
  3. Music mampu merangsang organ tubuh tanpa rasa sadar...
  4. Music memiliki skill yang kita sendiri tidak bisa melihat dan mencobanya.. karena dia mengalir begitu saja tanpa sengaja kita atur..
Pesan Saya ;
Mau menjadikan musik sebagai hobby yang bisa cari makan, maka kamu harus kenali diri kamu sendiri, belajar tentang musik apapun itu baik dari skill maupun genre serta ERA...
karena kalau kita sudah mampu mengenali hal itu...
maka sudah di pastikan kita dapat menyampaikan suatu pesan walaupun dengan 1 NADA

Regards
Ferryanto Siregar

Dedicate to my son :)
ASYURA NADA FELICYA SIREGAR :)

2 comments:

  1. setuju banget mas,saya sependapat dengan anda karena hubungan music dengan hati memang amatlah erat.sebagai penikmat music harus bisa menggunakan hatinya untuk dapat merasakan indahnya music.sebagai pekerja music juga harus bisa menggunakan hatinya untuk dapat mengkompose merangkum alat2 music sehingga tercipta suatu music yang benar2 bagus(bukan asal2an).walaupun saya hanya seorang penikmat music dari hampir semua jenis music dan ingin berkarya di bidang music tapi belum ada waktu,saya sependapat dengan anda.salam sukses!
    http://www.facebook.com/sava.ahmad2

    ReplyDelete

www.ferrysiregar.com